Minggu, 20 November 2022

Review Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer yang Ramah untuk Kulit Kering dan Sensitif

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, membuat kulit lebih banyak terpapar matahari dibandingkan dengan negara-negara subtropis seperti di Eropa. Apalagi jika memasuki pancaroba atau peralihan musim dengan cuaca yang tidak menentu, kulit kita bisa mengalami dehidrasi dan berkurang kelembabannya. 

Ngomongin soal kelembaban ini, saya dulu tak terlalu peduli betapa berartinya kelembaban pada kulit. Apalagi pas zaman SMA ketika penetrasi internet belum seperti sekarang ini dan edukasi mengenai skincare tidak semasif itu. Produk-produk perawatan kulit yang ada masihlah sangat terbatas. Brand-brand skincare lokal pun bisa dihitung jari eksistensinya.  

Bahkan untuk saat ini, sudah banyak brand lokal yang menciptakan produk perawatan kulit yang didesain khusus untuk pria dan brandingnya sangatlah manly. Perawatan kulit sebenarnya tidak memandang gender. Tapi masih ada stereotip atau stigma negafif ketika seorang pria menggunakan skincare, disebut cowok kemayulah, banci, dan lain sebagainya. Stigma-stigma macam ini perlu kita lawan. Caranya dengan apa, EDUKASI.  

Dulu, cowok skincare-an masih dianggap tabu. Gak maskulin dan menye-menye. Seiring perkembangan zaman, tren perawatan kulit tidak hanya untuk kaum hawa saja. Bahkan inovasi produk perawatan kulit bisa untuk siapa saja, baik pria maupun wanita. Semua orang ingin berpenampilan menarik, memiliki wajah yang terawat, bersih, yang tentu saja bakal menunjang performanya dalam interaksi sosial. 

Kembali ke topik di awal, kulit lembab itu penting, baik pria ataupun wanita Apalagi seiring bertambahnya usia, kulit menjadi mudah mengendur dan berkurang elastisitasnya, pun dengan kekuatan skin barrier semakin menipis jika tidak terproteksi dengan baik. Kulit yang lembab mampu memperlambat tanda-tanda penuaan. Itulah kenapa kulit yang kurang terjaga kelembabannya menjadi mudah kering, sensitif, bahkan muncul kerutan-kerutan halus. 

Saya mau bercerita sedikit, beberapa bulan yang lalu saya sakit. Dokter menyarankan saya untuk lebih banyak beristirahat, mengonsumsi makan sehat dan banyak serat, serta minum obat teratur. Nah selama saya sakit itu saya tidak memakai skincare dengan bahan aktif. Entah kenapa kulit saya jadi agak sensitif gitu dengan bahan aktif seperti retinol, vitamin c, salicylic acid, dan sebagainya. Akibatnya wajah saya jadi terlihat kusam, sayu, kering, muncul jerawat di pipi kanan dan dahi. Untungnya saat itu kulit saya masih tertolong dengan gentle face cleanser dan hydrating toner. 

Setelah pulih dan sembuh, saya kembali memfokuskan diri pada basic skincare; double cleansing, serum, toner, moisturizer, dan sunscreen untuk siang hari. Oh ya, tipe kulit saya ini adalah dry skin. Karena kulit saya masih dalam proses penyesuaian, saya membutuhkan produk perawatan kulit yang ramah untuk kulit kering lagi sensitif. Terutama dalam hal ini adalah moisturizer. Saya cukup picky orangnya. Takut kalau-kalau saya salah pilih produk, kulit saya yang terkena imbasnya. 

Saya kemudian kenalan sama salah satu brand kecantikan lokal yang mana inovasi produk mereka sangat ramah untuk kulit acne prone hingga sensitif sekalipun. Brand tersebut adalah Teratu Beauty yang digawangi oleh Kak Alifah Ratu. 

Produk Teratu Beauty yang pertama kali saya coba dan gunakan adalah moisturizernya; DAILY CALM & SOOTHE SKIN MOISTURIZER. Kebetulan saya memang sedang butuh ini dan memfokuskan diri pada perawatan skin barrier untuk kulit kering.  

Sedikit overview tentang Teratu Beauty. Brand lokal ini berdiri di awal tahun 2020 dengan mengusung tema “Beauty For Everyone.” Inovasinya tidak hanya pada skincare, tetapi ada juga produk makeup, bodycare, dan haircare. Kak Alifah Ratu sebagai founder brand ini dulu mengawali karirnya di bidang beauty vlogger (Youtube) yang kemudian mencoba merintis karir sebagai beautypreneur. 

Saya sudah cukup banyak membaca ulasan positif mengenai produk-produk dari Teratu Beauty. Produk-produk yang menjadi andalan hingga saat ini di antaranya yakni Rose Glow Spray, Skin Barrier Serum, Miracle Deo Series, dan Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer. Saya cek di Teratu Beauty Official di Shopee, produk-produk tersebut telah terjual dari lebih dari 10.000 pcs, belum lagi di resellernya. Ini mengindikasikan produk Teratu Beauty disukai banyak orang. 

Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer by Teratu Beauty 

Semua produk dari Teratu Beauty pastinya sudah tersertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), tak terkecuali produk pelembabnya: Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer (BPOM NA 18210107587).  Moisturizer ini klaimnya aman buat segala jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun. 

THE PACKAGING

Pertama kali mendarat, saya terkesan dengan box-nya yang sangat cantik dengan motif ornamen batik. Tertulis Teratu Beauty, gentle skincare for acne prone and sensitive skin. Box cantik ini bisa juga dijadiin kado buat sahabat, pasangan, ataupun crush yang selama ini jadi inceran kamu hehe. 

Box Batik Teratu Beauty
Isi Box Batik Teratu Beauty
Buble wrapnya bukan dari plastik melainkan kertas dan tentunya sangat eco friendly. 

Untuk box packaging juga tak kalah menarik. Jika disentuh, pada tulisan Daily Calm & Soothe Moisturizer ini sebenarnya embossed. Font-nya berwarna silver metalik yang berkilau jika tertimpa cahaya. Terdapat ilustrasi tangan yang sedang memegang canting untuk membatik. 
Box Packaging Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer
Ilustrasi Batik & Cantiing Box Packaging Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer
But, hey! ini kan produk skincare tapi ada kenapa ada ilustrasi batik di kemasan box? Eh, tapi kok pas di balik ada ilustrasi batiknya? Ini kan produk skincare? Batik merupakan wastra (kain) nusantara hasil olah cipta leluhur bangsa yang senantiasa harus kita jaga & rawat agar senantiasa lestari. Sama halnya saat kita menjaga & merawat kulit kita pakai skincare dengan inovasi terbaik. 
Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer dalam Pouch
Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer
Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer dikemas dalam tube fliptop dengan 2 ukuran yaitu 100ml dan 30ml. Yang ukuran 30ml dibanderol dengan harga Rp50.000, adapun ukuran 100ml harganya Rp 125.000. Kalau saya disuruh milih, pasti akan mengambil ukuran yang 100ml. Isi lebih banyak dan menurut saya harganya lebih affordable. Namun, jika kamu ingin mencoba untuk pertama kali, bisalah dicoba ukuran 30ml yang sangat travel friendly. 

KEY INGREDIENTS 

Let me talk about the key ingredients of Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer:  

🌻Brightenyl (sebagai agen pencerah kulit, membantu mengatasi masalah kulit seperti hiperpigmentasi. Formula ini dipercaya sebagai agen pencerah yang lebih efektif daripada Kojic Acid dan Vitamin C) 

🌻Hyaluronic Acid (membantu merawat kelembaban kulit. Hyaluronic Acid ini sifatnya humectant, mampu menghidrasi dan membuat kulit terlihat kenyal. Ah masa sih? Jadi kepoooo) 

🌻Ceramide (menjaga skin barrier. Asal kamu kamu tahu ya, kulit kita ini sebenarnga memproduksi Ceramide yang fungsinya untuk menjaga skin barrier, tapi seiring bertambahnya usia produksi Ceramide dalam kulit semakin menurun. Makanya adanya Ceramide dalam skincare samgaf membantu kulit agar senantisa terjaga kelembabannya. Kulit yang sehat, lelmbab, teehidrasi dengan baik mampu memperlambat tanda-tanda penuaan) 

🌻Centella asiatica Extract (membantu menyejukkan kulit dan membantu mengatasi masalah jerawat) 

Ingredients selengkapnya 
Ingredients dari Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer
THE TEXTURE &THE SCENT 

Now, the texture & the scent. Teksturnya menurut aku kayak lotion (gak kental) berwarna putih dan gentle di kulit aku. Ini bisa dijadiin sebagai face care dan body care. No fragrance dan no alcohol sehingga tak ada wangi khusus. Aroma muncul dari ingredients dan tak mengganggu. Malah kesannya kalem menurut saya. 
Tekstur Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer

MY PERSONAL EXPERIENCE 

Pas saya aplikasiin 𝑻𝒆𝒓𝒂𝒕𝒖 π‘«π’‚π’Šπ’π’š π‘ͺπ’‚π’π’Ž & 𝑺𝒐𝒐𝒕𝒉𝒆 π‘Ίπ’Œπ’Šπ’ π‘΄π’π’Šπ’”π’•π’–π’“π’Šπ’›π’†π’“ ada sensasi calming dan dingin di kulit. Dia gak bikin sticky dan greasy after 5 menit pemakaian. Menurut saya teksturnya blendable dan gampang menyerap. 

Saya layering pake cleanser dengan main ingredient BHA, toner yang mengandung Glycerin, Serum ber-Ceramide, dan physical sunscreen masih aman kok di kulit. Gak menimbulkan iritas dan reaksi negatif lainnya.  

After finishnya, kulitku jadi bouncy & plumpy, cerahan. Paling utama sih terhidrasi & lembab. Begini ya after pemakaian rutin Teratu Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer selama kurang lebih 1 bulan. FYI, ini gak dilayer sama skincare lain 

No filter. Edit sebatas watermark saja 
THE CONCLUSION

Kalau aku kasih nilai nih, rate untuk 𝑻𝒆𝒓𝒂𝒕𝒖 π‘«π’‚π’Šπ’π’š π‘ͺπ’‚π’π’Ž & 𝑺𝒐𝒐𝒕𝒉𝒆 π‘Ίπ’Œπ’Šπ’ π‘΄π’π’Šπ’”π’•π’–π’“π’Šπ’›π’†π’“ adalah ⭐️4,9/5 alias bagus banget dan sangat worth it dari berbagai segi (harga, kemasan, performa, dan after finish-nya). Terlihat kan kulit saya jadi plumpy, bluncy, dan cerah. 

Cowok skinkeran pakai 𝑻𝒆𝒓𝒂𝒕𝒖 π‘«π’‚π’Šπ’π’š π‘ͺπ’‚π’π’Ž & 𝑺𝒐𝒐𝒕𝒉𝒆 π‘Ίπ’Œπ’Šπ’ π‘΄π’π’Šπ’”π’•π’–π’“π’Šπ’›π’†π’“? Boleh banget! 

WHERE TO BUY? 

𝑻𝒆𝒓𝒂𝒕𝒖 π‘«π’‚π’Šπ’π’š π‘ͺπ’‚π’π’Ž & 𝑺𝒐𝒐𝒕𝒉𝒆 π‘Ίπ’Œπ’Šπ’ π‘΄π’π’Šπ’”π’•π’–π’“π’Šπ’›π’†π’“ bisa dibeli di berbagai marketplace seperti shopee misalnya. 


Bisa kepoin produk Teratu Beauty lainnya di sini yagesya shopee.co.id/teratubeauty 

18 komentar:

  1. Wah keren ownernya dulu beauty vlogger ya, mba. Sekarang merambah ke penjualan produk sendiri. Pasti seru banget bikin konsep produk yang bisa dijual ke umum. Aku pengin cobain juga produknya

    BalasHapus
  2. Paling seneng kalau ada skincare untuk kulit sensitif karena pas banget sama kulit saya yang sensitif jadinya aku bisa pakai juga untuk hasilnya terlihat banget diwajah ka arinta kulit wajah jadi lembab ya dan terlihat glowing

    BalasHapus
  3. Iya nih mbak kulitku sensi dan agak susah pakai produk. Enak kalau ada produk pelembab yang bisa utk kulit sensi. Apalagi ada bonus bisa membuat kulit tampak lebih cerah yaa dan makin menyehatkan kulit ya.

    BalasHapus
  4. Auto fokus ke box-nya, cakep banget. Btwbsaya baru coba ss-nya, enakeun. Jadi penasaran sama moist ini

    BalasHapus
  5. Wajahmu jadi moist banget ya after pakai produk ini jadi penasaran pengen di rutinin berhubung aku agak malas dalam urusan skincare

    BalasHapus
  6. Aman banget ya..dari mulai pengiriman hingga packaging dan semuanya.. rasanya skincare TERATU ini membuatnya sangat istimewa, khas Indonesia banget.
    Kalau untuk anak pra remaja, Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer by Teratu Beauty bisa gak ya..?

    BalasHapus
  7. Jadi penasaran sama moist ini. Apalagi boxnya cantik banget yaa! haha :D bagus yaaa sepertinya produknya. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  8. gagal fokus sama kemasannya yang bagus sekali, minimalis terus simple. informasinya lengkap mantap

    BalasHapus
  9. Kulit kering dan sensi jadi bisa merawat kulit secara istiqomah karena produk ini yang bisa memahami kebutuhan kulit, ya?

    BalasHapus
  10. Liat packagingnya keren banget, ya. Selain cantik, elegan, juga ada filosofi tersendiri.

    BalasHapus
  11. Ini produk kayaknya aku butuh. Soalnya cocok sama tipe kulitku. Hehe. Makasih kak reviewnya, langsung masuk wishlist ku deh...

    BalasHapus
  12. bagus ya kemasannya, sampai galfok aku, harganya cukup terjangkau ya, tadi sekilas lihat kemasannya saya kira wah ini pasti produk mahal, tenryata ga juga ya, harganya masih terjangkau, hasilnya kelihatan bagus ya kak, tampak lebih lembap

    BalasHapus
  13. Packagingnya bagus bgt, elegan.. smoga produknya cocok dg jenis kulit sya yg kadang mudah berjerawat & sering terpapar matahari krna banyak bekerja di lapangan terbuka.. trims udah sharing ya

    BalasHapus
  14. Kalau untuk berminyak ada juga yHkak? Soalnya kalau aq tipe kulitnya normal berminyak.

    BalasHapus
  15. Banyak cara produsen menarik perhatian konsumennya, dalam konteks produk ini packaging nya bagus, dan berdasarkan ulasannya juga produk tersebut layak untuk dicoba. Cocok ini buat dijadiin kado ke pasangan.

    BalasHapus
  16. Yang terbaik memang memahami masalah kulit wajah dan menyesuaikan dengan skincare yang digunakan. Seperti manfaat dari menggunakan Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer by Teratu Beauty yakni membuat kulit lembap dan cerah.

    BalasHapus
  17. Mantap reviewnya, ya emang kalo masalah kulit apalagi wajah memang harus hati2 dan menyesuaikan dengan karakter kulit masing-masing.

    BalasHapus
  18. Akhirnya nemu juga review produk ini secara terperinci, jadi makin mantap buat intip produk nya hehe

    BalasHapus