Rabu, 14 Agustus 2019

Memburu Foto Instagrammable di Gelaran Pameran Potensi Daerah (PPD) Sleman 2019

Pameran Potensi Daerah (PPD) Sleman 2019 dilaksanakan pada bulan Juli lalu. Awalnya saya tidak berniat untuk memposting artikel mengenai ini di blog. Saya hanya mengunggah beberapa foto yang dirasa ciamik untuk diikutkan dalam lomba foto instagram. Namin, setelah saya pikir-pikir, mending foto-foto tersebut saya abadikan di blog. Lumayan, buat nambah-nambah konten hehehe.
Pameran Potensi Daerah (PPD) ini berlangsung di Lapangan Denggung. Adapun acara dibuka oleh Bupati Sleman, Bapak Sri Purnomo. Di venue, kami disuguhkan oleh aksi flashmob dan pertunjukkn drumb band dari Akademi Maritim Yogyakarta.

Apa yang spesial menurut saya dalam pameran ini? Banyak stan yang menjual anek produk lokal dengan harga terjangkau. Stan-stan dari dinas setempat dan UMKM lokal ditata sedemikian apiknya. Sangat layak diposting di instagram atau media sosial lain. Ada banyak lomba dengan aneka hadiah menarik. 
Saya baru tahu kalau sekarang Sleman memiliki boneka maskot. Namanya Boneka Salman. Boneka Salman merupakan buah kreativitas Sahid Nugroho yang berhasil memenangkan Sleman Innovative Craft Award (SICA) 2019. Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman serta bekerjasama dengan akademisi/pengrajin di Jogja tercetuslah ide menjadikan Boneka Salman sebagai cinderamata khas Sleman.

Nama Salman merupakan akronim dari SALak dan sleMAN. Sleman terkenal sebagai daerah penghasil salak. Buah salak telah menjadi oleh-oleh khas Sleman. Boneka Salman merupakan visualisasi petani salak di Kabupaten Sleman. Boneka ini bergender perempuan (Yu Sal) dan Laki-laki (Kang Man). Boneka laki-laki memakai surjan dan blangkon sebagai identitas tradisional Yogyakarya yang beradat Jawa. Adapun boneka perempuan memakai motif batik khas Sleman, ykni motif Batik Parijotho Salak. 

Baik, saya berhasil mengabadikan beberapa foto stan yang ciamik dan layak diposting di instagram atau media sosial lainnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar