Rabu, 10 Februari 2021

Yuk Mengenal Lebih Dekat Asisten Virtual Tanya Veronika dari Telkomsel

Saat saya KKN, saya sedikit cemas menunggu pengumuman di daerah mana saya akan ditempatkan. Apakah masih di Yogyakarta dan sekitarnya atay justru di luar wilayah itu. Syukurnya saya ditempatkan masih di wilayah DIY, tepatnya di Gunungkidul. Lalu kecemasan berikutnya sedikit menghantui saya. Bagaimana sinyal internet di sana? Buruk tidak? Kebetulan lokasi KKN saya berada di Dukuh Blimbing, Kecamatan Ponjong, Wonosari, Gunungkidul. Saya takut gak bisa berkomunikasi dengan teman atau keluarga karena akses jaringan internet yang buruk. Menurut rekomendasi teman, mendingan saya pakai provider si merah, apalagi kalau bukan SIMPATI. Yups, itu awal mula perjumpaan saya dengan Simpati, proider dari Telkomsel. Saya sangat puas dengan jaringan Simpati milik Telkomsel tersebut. Komunikasi menjadi tak terhambat dan saya bisa melaksanakan KKN dengan baik.

Saya mau sedikit bercerita sejarah singkat Telkomsel. Telkomsel merupakan perusahaan seluler pertama di Indonesia hasil pantungan dari dua BUMN saat itu. Dibentuk pada tahun 26 Mei 1995 dengan modal dasar 650 miliar, kini perusahaan telekomunikasi ini sudah mampu menjangkau lebih dari 170 juta pelanggan di penjuru nusantara dengan lebih dari 233 ribu BTS. Mantap kan? Telkomsel pun dinyatakan sebagai operator seluler peringkat 6 dalam hal jumlah pelanggan terbanyak di dunia.

Produk-produk dari Telkomsel selain Simpati, ada juga KartuHalo, Flexi, Kartu AS, Loop, dan By.U. Seiring berjalannya waktu Telkomsel membuat aplikasi My Telkomsel dan Asisten Virtual "Tanya Veronika" untuk memudahkan pelanggan. Telkomsel juga memiliki pusat layanan pelanggan yang bernama GraPARI yang merupakan akronim dari Graha Pari Sraya. Istilah Graha Pari Sraya aslinya nih berasal dari Bahasa Sansekerta lho guis. Istilah ini diperkenalkan kepada publik oleh Sultan Hamengku Buwono X sebagai tanda penghargaan atas diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Yogyakarta.

Saya pribadi sebagai pelanggan Simpati memanfaatkan aplikasi My Telkomsel untuk membeli kuota internet. Biasanya saya membeli paket Combo Sakti Unlimited 13 GB atau kalau gak yang 25 GB. Soalnya meski kuota habis masih bisa buka aplikasi kayak instagram, twitter, facebook, youtube dan juga whatsapp. Dengan aplikasi My Telkomsel saya tak perlu repot-repot pergi ke konter hanya untuk memberi pulsa atau kuota internet.

Selain aplikasi My Telkomsel, Telkomsel meluncurkan aplikasi asisten virtual "Tanya Veronika" yang diluncurkan pada tahun 2017. Tanya Veronika merupakan layanan digital berbasis chat yang memberi kemudahan bagi para pelanggan Telkomsel. Layanan digital ini bisa diakses melalui aplikasi My Telkomsel, sistus web Telkomsel, whatsapp, facebook messenger, telegram, dan Line. Bagaimana cara mengaksesnya, sebelum bertanya apa kebutuhan atau keperluanmu kepada asisten Veronika ini, kamu kudu terhubung pada salah satu dari 6 aplikasi pesan instan yang saya sebutkan sebelumnya. Misal nih kalau saya pakai aplikasi My Telkomsel, saya bisa bertanya ke Veronika berapa sisa kuota internet saya atau apa promo terbaru dari Simpati. Misal kamu lebih nyaman berinteraksi dengan telegram, kamu bisa terhubung dengan Veronika dengan ID @telkomsel_official_bot. Kamu lebih suka chat pakai Whatsapp, kamu bisa mengakses Veronika di nomor +6281 1111 1111. 

Kamu bisa memulai percakapan dengan Veronika dengan sapaan "Hai" atau "Hallo." Untuk mengakhiri percakapan kamu bisa mengakhirinya dengan "batal" atau "cancel."

Veronika ini merupakan layanan pelanggan yang menggabungkan antara teknologi artificial intelligence, customer analytics sekaligus interaksi manusia untuk membantu pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari layanan yang diberikan oleh Telkomsel. Sebagai sebuah layanan pelanggan, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi layanan apa saja yang disediakan dan melakukan berbagai transaksi hanya dengan melalui tanya Veronika asisten virtual ini.

Fitur dan fungsi yang ada pada chatbot Veronika asisten virtual Telkomsel

1. Informasi mengenai produk Telkomsel yang kamu gunakan.

Ini poin paling penting, Veronika membantu pengguna produk-produk dari Telkomsel yang kamu gunakan. Nah, melalui Veronika Telkomsel kamu bisa memperoleh informasi mengenai masa aktif kartu kamu, sisa pulsa/kuota internet, poin Telkomsel, promo-promo terbaru, dan lain sebagainya.

2. Tukar Poin Telkomsel

Jumlah poin Telkomsel saya saat ini 165 poin. Nah dari poin-poin ini jika dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik atau undian fantastis. Melalui Veronika Telkomsel kamu bisa menukarkan poin-pointersebut secara langsung untuk mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah atau undian lucky draw, 1 poin bisa ditukar dengan 1 reward motor Yamaha N-Max atau Samsung Note 20 Ultra jika kamu beruntung. 

3. Mengetahui lokasi GraPARI terdekat.

Saya iseng bertanya mengenai lokasi GraPARI terdekat di Pekalongan. Veronika langsung memberikan lokasi terdekat yang saya maksud. Untuk bertanya mengenai lokasi jangan lupa aktifkan fitur share location d ponsel kamu ya. 

4. Membeli kuota internet dan pulsa.

Saya lagi mager nih, males ke konter buat beli pulsa. Nah, kamu bisa membeli pulsa via Veronika. Lebih praktis, hemat energi, dan waktu. Namun tentunya sebelum membeli pulsa atau kuota internet saldo di dompet digitalmu mencukupi ya. Kalau nol ya sama aja boong, hehehe. Semua mah sekarang serbadigital. Apa-apa tinggal klik-klik, tap-tap. Apa enggak dimanjakan kamunya?

Seandainya asisten Veronika dan aplikasi My Telkomsel sudah ada pas jaman saya KKN, akankah membahagiakannya. Saya tak perlu turun jauh-jauh ke Wonosari buat mencari konter hanya untuk beli pulsa atau kuota internet. Cukup memiliki saldo di dompet digital lalu beli pulsa dengan bertanya ke asisten Telkomsel yang namanya sangat cantik ini, Veronika!

Begitu kisanak kira-kira penjelasan mengenai asisten virtual Veronika. Kura-kura makan daun selasih, cukup sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar