Minggu, 26 Mei 2019

Seru-seruan Mengeksplorasi Malioboro dengan Fujifilm X-T100

Dulu, di kampus saya pernah menjadi seksi dokumentasi. Saya menenteng-nenteng kamera SLR dan merekam setiap momen selama sebuah acara berlangsung. Saya kangen masa itu. Pas KEB (Kumpulan Emak Blogger) regional Jogja mengadakan sharing sekaligus belajar fotografi bagi pemula, saya tak bakalan melewatkan kesempatan itu. Apalagi kamera yang digunakan kamera mirrorless. Seumur-umur saya belum pernah pegang mirrorless. Kamera yang sudah pernah saya pakai yakni kamera SLR dan kamera digital. 

Nah, kamera mirroless yang kali ini saya coba adalah Fujifilm X-T100. Saya suka desain retro kamera ini. Jadi terkesan klasik gitu. Soal kualitas jangan ditanyakan. Kamera tipe menengah ini cocok untuk fotografer pemula seperti saya. Fujifilm X-T100 ini ini sangatlah fleksibel dibawa bepergian ke manapun. Bodinya ringkas. Di bagian belakang terdapat layar LCD berukuran 3 inchi yang bisa dilipat, bisa juga untuk selfie. Ada fitur touch screen pada layar sehingga ketika memilih ISO dan lain sebaginya, tinggal disentuh saja. Resolusi kamera ini yakni 24.2 MP dilengkapi sensor CMOS APS-C serta autofokus deteksi di 91 titik. 

Begini tampilan Fujifilm X-T100.
Sebelum saya dan rekan-rekan blogger Jogja mengeksplorasi kawasan Malioboro, kami berkumpul di Fujifilm Center yang terletak di Jalan Simanjutak No. 3 Terban, Gondokusuman, Yogyakarta. Di sini ada kelas yang mengupas trik dan tips seputar fotografi, juga bagaimana menggunakan Fujifilm XT100.

Adalah Mas Agoeng Tosol yang menjadi pemateri pada workshop kali ini. Ada 3 acara yang saya ikuti kali ini, pertama belajar fotografi bareng Mas Agoeng. Kedua, Eksplorasi Malioboro dengan Fujifilm XT100, dan terakhir bukber bareng KEB dan Fujifilm Jogja. Kami belajar mengenai apa itu eksposure, efek bokeh, ISO, dan masih banyak lagi. Misal nih exposure, exposure sendiri memiliki pengertian jumlah cahaya yang diterima sensor kamera dalam suatu pengambilan gambar. Exposure mempengaruhi terang gelap gambar yang dihaslkan suatu kamera. ISO berkaitan dengan exposure, semakin tinggi ISO, semakin terang gambar yang akan dihasilkan, begitupun sebaliknya. ISO 400 dan ISO 1600 tentu saja berbeda. Jikalau cuaca mendung atau suasana terlalu gelap, kita bisa setel ke ISO yang lebih tinggi untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah. Jangan gunakan ISO 400 di saat cuaca mendung, kalau perlu tingkatkan levelnya hingga menghasilkan gambar cerah sesuai yang diinginkan. 

Setelah dirasa cukup, kelas fotografi ini berakhir. Dilanjut dengan hunting foto di Malioboro. 

Ada banyak objek yang bisa dieksplorasi selama berada di Malioboro. Nah, di Bulan Ramadhan ini, Fujfilm Jogja mengadakan lomba fotografi dengan tema Senyum Ramadhan. Makanya banyak yang antusias berburu foto. Dari satu kelompok, kami berpencar guna mendapatkan objek foto yang berbeda. Selama Ramadhan ini pedagang yang berjualan di siang hari tidak terlalu banyak. Pengunjung juga belum terlalu ramai. Entah kalau sore.

Ini Beberapa gambar sepanjang Malioboo yang sempat saya abadikan menggunakan Fujifilm X-T100. 

Saya kemudian memasuki Mall Maioboro. Karena berada di indoor suasananya cukup temaran di kamera saya, sehingga menghasilkan gambar yang gelap. Kemudian saya naikkan ISO dari 400 ke 800. Kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.
Hasil foto dengan ISO 400 di ruangan yang agak temaram. Dokumentasi pribadi
Hasil foto dengan ISO 800. Dokumentasi pribadi
Waktu mendekati azan mahgrib, kami berkumpul di Hotel Neo Maliboro untuk buka bersama sekaligus memindah data dari kamera ke smartphone untuk diunggah ke instagram. Oh ya gaes, untuk mempermudah transfer foto ke smartphone tanpa harus memindahkan kartu memori, kamu bisa unduh aplikasi Fujifilm Camera Remote di Play Store. Gratis.
Saatnya maman dulu ya gaes. Perbaikan gizi nih buat anak kos di Bulan ramadhan hehe. Sueeger, Rek. Kalau ada menu sayur dan daging, kamu milih mana gaes. Tetep ya ini diambil dari kamera Fujifilm X-T100.

Ini cerita saya seru-seru bareng Fujifilm X-T100. Terima kasih KEB, Fujifilm, dan Gudang Digital atas kesempatan yang spesial ini.

See ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar